TENTANG KAMI

Kiprah Gudang Garam senantiasa ditandai dengan kerja keras, komitmen, inovasi, serta pencapaian yang membanggakan.

Perusahaan rokok Gudang Garam adalah salah satu industri rokok terkemuka di tanah air yang telah berdiri sejak tahun 1958 di kota Kediri, Jawa Timur. Hingga kini, Gudang Garam sudah terkenal luas baik di dalam negeri maupun mancanegara sebagai penghasil rokok kretek berkualitas tinggi. Produk Gudang Garam bisa ditemukan dalam berbagai variasi, mulai sigaret kretek klobot (SKL), sigaret kretek linting-tangan (SKT), hingga sigaret kretek linting-mesin (SKM). Bagi Anda para penikmat kretek sejati, komitmen kami adalah memberikan pengalaman tak tergantikan dalam menikmati kretek yang terbuat dari bahan pilihan berkualitas tinggi.

OVERVIEW

PERJALANAN

1958

Gudang Garam Ditemukan

Adalah titik berdirinya perusahaan rokok Gudang Garam yang bermula dari sebuah industri rumahan. Produk kretek yang diproduksi pertama kali adalah SKL dan SKT.

1960

Gudang Garam Membuka Cabang

Cabang produksi SKL dan SKT didirikan di Gurah, 13 km arah tenggara Kota Kediri, guna memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat. Setiap hari ada sekitar 200 orang karyawan melakukan perjalanan pulang-pergi Gurah-Kediri menggunakan gerbong kereta api khusus yang dibiayai perusahaan.

1968

Gudang Garam membuka 2 Unit Lahan baru

Seiring perkembangan usaha yang semakin maju, pada bulan September 1968 didirikan unit produksi bernama Unit I di atas sebidang lahan seluas 1000 meter persegi. Pada tahun yang sama dibangun pula sebuah unit produksi baru yang disebut Unit II.

1969

Gudang Garam berubah dari Industri Rumah Tangga menjadi Firma

Mengikuti perkembangan dan kemajuan usaha, Gudang Garam yang awalnya merupakan industri rumahan mengubah status dari Perusahaan Perseorangan menjadi Firma. Unit Produksi dipindah dari Gurah ke Kediri.

1971

Gudang Garam Berubah dari Firma menjadi PT

Gudang Garam kembali mengubah status dari Firma menjadi Perseroan Terbatas (PT). Pada tahun yang sama, terbit bantuan fasilitas dari pemerintah berupa Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), yang semakin mendukung perkembangan usaha.

1979

Gudang Garam mengembangkan produk Sigaret Kretek Mesin

Gudang Garam mengembangkan jenis produk Sigaret Kretek Mesin (SKM).

1990

Gudang Garam mencatat saham di BEJ dan BES

Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang mengubah statusnya menjadi Perusahaan Terbuka.

2002

Gudang Garam memproduksi kretek mild

Gudang Garam memproduksi jenis rokok baru, yaitu kretek mild yang ditandai dengan berdirinya Direktorat Produksi Gempol di Pasuruan Jawa Timur.

2013

Gudang Garam memperluas daerah produksinya

Areal perusahaan yang semula hanya seluas 1000 meter persegi kini telah berkembang menjadi sekitar 208 hektar yang terletak di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri serta di wilayah Pasuruan. Bulan Januari 2013, mulai beroperasi gedung baru di Jakarta, untuk menunjang proses produksi yang semakin progresif.

CATUR DHARMA

Berawal dari industri rumahan, perusahaan kretek Gudang Garam telah tumbuh dan berkembang seiring tata kelola perusahaan yang baik dan berlandaskan pada filosofi Catur Dharma. Nilai-nilai tersebut merupakan panduan kami dalam tata laku dan kinerja perusahaan bagi karyawan, pemegang saham, serta masyarakat luas.

Apa yang dicapai Gudang Garam saat ini tentunya tidak terlepas dari peran penting sang pendiri, Surya Wonowidjojo. Beliau adalah seorang wirausahawan sejati yang dimatangkan oleh pengalaman dan naluri bisnis. Di mata para karyawan, beliau bukan hanya berperan sebagai pemimpin, melainkan juga merupakan sosok seorang bapak, saudara, serta sahabat yang amat memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Surya Wonowidjojo meninggal dunia pada 28 Agustus 1985 dengan meninggalkan kesan mendalam bukan hanya di mata karyawan, melainkan juga di hati masyarakat Kediri dan sekitarnya. Beliau merupakan seorang panutan yang menanamkan nilai-nilai luhur bagi perusahaan, yang dituangkannya ke dalam Catur Dharma Perusahaan:

  1. Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.
  2. Kerja keras, ulet, jujur, sehat, dan beriman adalah prasyarat kesuksesan.
  3. Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerjasama dengan orang lain.
  4. Karyawan adalah mitra usaha yang utama.

Didirikan pada tahun 2002, PT. Surya Madistrindo adalah perusahaan yang dimiliki oleh PT. Gudang Garam Tbk. untuk menjalankan distribusi produk-produk sigaret Gudang Garam bersama dengan 3 perusahaan distribusi lainnya. Di tahun 2009, SM ditunjuk sebagai distributor tunggal yang memegang kendali strategi distribusi dan field marketing untuk seluruh wilayah Indonesia.

Bermarkas di Jakarta, SM telah tumbuh dan bertransformasi menjadi perusahaan distribusi rokok yang profesional dan modern. Berawal dari beberapa ribu karyawan, kini SM telah didukung oleh sumber daya manusia mencapai lebih dari 14 ribu orang yang tersebar pada 12 kantor perwakilan regional dan lebih dari 180 kantor perwakilan area di Indonesia.

Informasi Lebih Lanjut >>

DEWAN KOMISARIS

Juni Setiawati Wonowidjojo

Presiden Komisaris

Diangkat menjadi Presiden Komisaris Perseroan pada bulan Juni 2009 dan menjabat sebagai Komisaris sejak tahun 1983. Beliau memiliki hubungan afiliasi dengan Susilo Wonowidjojo, Presiden Direktur Perseroan, dan memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham Perseroan. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Suryamitra Kusuma, dan sebagai Komisaris PT Suryaduta Investama, PT Surya Wisata dan PT Taman Sriwedari. Beliau juga merupakan Presiden Direktur PT Surya Pamenang dan PT Surya Zig Zag.

Frank W. van Gelder

Komisaris Independen

Diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan pada bulan Maret 2002. Saat ini beliau duduk sebagai Managing Partner di perusahaan konsultan New Frontier Solutions Pte. Ltd., Singapura. Sebelumnya beliau pernah 12 tahun berkarya di Bank ABN AMRO. Gelar Master Hukum Perdata diraihnya dari Leiden University, Belanda.

Lucas Mulia Suhardja

Komisaris

Diangkat menjadi Komisaris Perseroan pada bulan Juni 2009. Seorang Dokter Umum yang sangat berpengalaman, dan selama periode 1976-2009 Dr. Suhardja menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Jakarta. Beliau lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya.

Gotama Hengdratsonata

Komisaris Independen

Diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan pada bulan Juni 2004. Sejak tahun 2000 sampai saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris PT Semesta Indovest Securities, Jakarta. Sebelum itu beliau bekerja di Bank Lippo sejak 1985 hingga 2004 sebagai Group head for East Indonesia. Beliau lulusan Teknik Sipil dari Feng Chia University, Taiwan.

DIREKSI

Susilo Wonowidjojo

Presiden Direktur

Susilo Wonowidjojo diangkat menjadi Presiden Direktur pada bulan Juni 2009. Sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur sejak 1990 dan sebagai Direktur Perseroan sejak 1976 yang membidangi pengadaan/ pengelolaan bahan baku, perasa, persediaan dan manajemen produksi. Beliau memiliki hubungan afiliasi dengan Juni Setiawati Wonowidjojo Presiden Komisaris Perseroan, serta memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham Perseroan. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Surya Madistrindo dan sebagai Komisaris PT Surya Air dan PT Surya Dhoho Investama. Beliau juga merupakan Presiden Direktur PT Suryamitra Kusuma dan Direktur PT Suryaduta Investama, PT Suryaduta Mandiri, dan PT Surya Halim Karya Sejahtera.

Heru Budiman

Direktur

Diangkat menjadi Direktur Perseroan pada tahun 2000. Beliau mulai bekerja di Gudang Garam pada tahun 1990 di bidang treasuri dan hubungan investor, dan diangkat menjadi Sekretaris Perusahaan pada tahun 1996. Sebelumnya menduduki sejumlah posisi manajemen senior di bank terkemuka internasional dan nasional. Beliau meraih gelar Sarjana Muda Sastra Inggris dari Universitas Satya Wacana. Saat ini beliau juga merupakan Komisaris PT Graha Surya Media dan PT Surya Abadi Semesta. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Surya Madistrindo.

Herry Susianto

Direktur

Herry Susianto menjabat sebagai Direktur Keuangan sejak tahun 2007. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Internal Audit, yaitu sejak 2002 hingga 2007, dan Kepala Divisi Akuntansi antara 2001 dan 2002. Ketika pertama kali masuk ke Perseroan pada tahun 1983 beliau bekerja di Divisi Akuntansi. Gelar Sarjana hukum diraihnya dari Universitas Airlangga, Surabaya, dan gelar Magister Manajemen dari Universitas Gajayana, Malang. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Surya Madistrindo, PT Surya Inti Tembakau dan PT Bukit Dhoho Indah. Beliau juga merupakan Presiden Direktur PT Graha Surya Media, serta Direktur PT Surya Air dan PT Surya Abadi Semesta.

Buana Susilo

Direktur

Buana Susilo diangkat menjadi Direktur pada tahun 2008 untuk mengurusi bidang teknologi manufaktur. Keahlian dan pengalamannya adalah membuat desain peralatan, rencana proses dan konfigurasi. Sebelum itu beliau adalah Wakil Direktur yang menangani Divisi Teknik sejak tahun 1991, dan pada awal tahun 2000 bertanggung jawab atas proyek pembangunan dan pengembangan fasilitas produksi kedua di Gempol. Mulai bekerja di Perseroan sejak 1981 dan bertanggung jawab untuk modernisasi pengolahan primer. Beliau juga merupakan Direktur PT Surya Inti Tembakau.

Istata Taswin Siddharta

Direktur

Diangkat menjadi Direktur pada tahun 2012 untuk menangani urusan teknologi informasi. Beliau bergabung dengan Perseroan pada tahun 2008, dan menjabat sebagai Wakil Direktur Pemasaran sejak 2008 hingga 2010. Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau adalah Partner di KPMG Indonesia, dan berkarir di kantor akuntan publik selama dua puluh tahun. Gelar Sarjana Akuntansi diperolehnya dari Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Surya Pamenang, PT Surya Zig Zag dan semua anak perusahaan PT Surya Madistrindo. Beliau juga merupakan Direktur PT Surya Madistrindo, PT Surya Dhoho Investama dan PT Grandsurya Resortindo. Beliau juga adalah anggota Komite Audit PT Goodyear Indonesia Tbk.

Lengga Nurullah

Direktur

Ditunjuk sebagai Direktur yang membidangi produksi SKM di Kediri pada tahun 2015. Sebelumnya beliau adalah Wakil Direktur bidang produksi di Gempol, selama kurun 2014-2015, dan juga Kepala Produksi LTN (rendah tar nikotin) pada 2013-2014. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 2012 di divisi teknik, sebelumnya bekerja di bidang manufaktur otomotif di Bosch, Jerman. Lengga Nurullah lulusan Technical University of Berlin. Beliau juga menjabat sebagai Direktur PT Bukit Dhoho Indah.

Sony Sasono Rahmadi

Direktur Independen

Bergabung dengan Perseroan pada tahun 2012 dan diangkat menjadi Direktur yang membidangi pencetakan kemasan rokok. Dari tahun 2008 hingga 2012, beliau menjabat sebagai Direktur PT Cipta Kretek Nusantara dan PT Karyadibya Mahardhika, dan sebelum itu bekerja di PT Surya Zig Zag sebagai General Manager dan Management Representative. Beliau diangkat menjadi Direktur Independen pada tahun 2014, dan meraih gelar Sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

ANGGARAN DASAR

Akta No.52 tanggal 21 September 2015


PEDOMAN KERJA DIREKSI DAN DEWAN KOMISARIS

Pedoman Kerja Direksi dan Dewan Komisaris


KOMITE AUDIT

Komite Audit adalah komite independen yang anggotanya ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris. Tugas utama Komite Audit adalah membantu Dewan Komisaris dalam memastikan berjalan dan terpeliharanya praktik tata kelola perusahaan serta pengawasan dan pengelolaan risiko yang memadai.

Anggota Komite Audit

KETUA
Gotama Hengdratsonata
 
 
 
 
 
 
ANGGOTA
Chetryana Gunardi
 
ANGGOTA
Tony Gunawan
Piagam Komite Audit

AUDIT INTERNAL

Kebijakan mengenai fungsi, tugas, serta cakupan kerja Audit Internal ditetapkan oleh Direksi. Di dalamnya termasuk tugas untuk menguji mutu serta kehandalan laporan keuangan, kebijakan dan prosedur yang ada, memastikan sistem kontrol internal berjalan dengan efektif di setiap unit kerja, serta pengamanan aset dan pemeriksaan rutin atas tingkat efisiensi operasional perusahaan. Semua laporan Audit Internal diserahkan langsung kepada Presiden Direktur. Kepala Unit Audit Internal dijabat oleh Suwardi.

Piagam Unit Audit Internal

SEKRETARIS PERUSAHAAN

Sekretaris Perusahaan bertugas memastikan agar Gudang Garam senantiasa mematuhi peraturan dan perundangan yang dikeluarkan oleh badan otoritas pasar modal dan memberi masukan kepada Direksi serta Dewan Komisaris terkait hal tersebut. Sekretaris Perusahaan juga menginformasikan badan otoritas pasar modal dan para pemegang saham mengenai kinerja bisnis Perseroan melalui antara lain, publikasi laporan keuangan, pertemuan yang dijadwalkan dari waktu ke waktu serta paparan publik tahunan. Heru Budiman, Direktur Perseroan, juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan.


FUNGSI NOMINASI DAN REMUNERASI

Fungsi Nominasi dan REMUNERASI

KODE ETIK

Kode Etik

MANAJEMEN RESIKO

Kebijakan Manajemen Resiko

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi

ANAK PERUSAHAAN

PT. Gudang Garam Tbk. memiliki kepemilikan secara langsung dan tidak langsung pada entitas anak sebagai berikut:

Kepemilikan Langsung dan Tidak Langsung

KARYAWAN KAMI

Gudang Garam dan anak perusahaannya menyediakan lapangan kerja bagi 35.900 orang di akhir tahun 2016.

Sebagai sebuah "keluarga besar", kesejahteraan karyawan merupakan prioritas kami, dari standar keselamatan kerja hingga pengadaan fasilitas olah raga dan fasilitas kesehatan. Pelatihan di bidang kepemimpinan, manajerial, administrasi, dan keterampilan teknik juga diselenggarakan dari waktu ke waktu baik di dalam maupun diluar perusahaan.